Senin, 12 Maret 2012

TENTANG FESTAMASIO

     Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) adalah ajang temu karya dan silaturahmi kelompok teater/lembaga kesenian kampus seluruh Indonesia sebagai salah satu wujud kontribusi teater kampus dalamperkembangan teater di Indonesia. 


     Kegiatan ini diadakan setiap dua tahun sekali, pertama diselenggarakan pada tahun 2001 di Samarinda, Kalimantan Timur, yang difasilitasi oleh Teater Yupa Universitas Mulawarman. Pada tahun 2003 Festamasio diselenggarakan oleh teater Kampus Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Pada tahun 2005, Festamasio digelar di Jogjakarta dengan Teater Gadjah Mada sebagai penyelenggaranya. Tahun 2009, Festamasio diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan pada 2011 lalu, Teater Gabi Universitas Sriwijaya Palembang pun dipercaya untuk menjadi pelaksana Festamasio V.


     Dalam Kegiatan ini diselenggarakan berbagai pementasan teater dari para peserta yang kemudian dinilai oleh dewan juri dalam berbagai kategori. Selain itu, Festamasio juga diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya ; Workshop Teater, Diskusi Tematik, Rembug Teater, dan Apresiasi Seni.


     Suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini, mengundang banyak respons positif dari berbagai kalangan, baik media massa, instansi kebudayaan, pemerintah daerah, dan pelbagai instansi independen untuk bekerjasama. Selain tentunya berkat dukungan moril dari seniman teater professional Indonesia.


Ayo rek!
FESTAMASIO VI SURABAYA 2013
'Teater mahasiswane rembug, Masyarakate guyub'


0 komentar:

Posting Komentar