Kamis, 15 Maret 2012

RANGKAIAN ACARA


Berikut rencana serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada Festamasio VI Surabaya :


1. Penyeleksian Peserta
Penyeleksian peserta adalah proses kurasi karya pertunjukkan grup-grup teater kampus se-Indonesia melalui video pertunjukkan dan dipilih 20 karya pementasan terbaik yang akan ditampilkan dalam ajang Festamasio VI Surabaya.


2. Sayembara Naskah
Sayembara Naskah Drama peserta adalah penilaian terhadap Naskah Drama calon peserta yang akan dibawakan dalam ajang Festamasio VI dan akan dipilih 20 kategori Naskah Drama Terbaik


3. Pementasan 20 Teater Kampus hasil Kurasi
Pementasan 20 grup teater adalah pementasan hasil dari kurasi video pertunjukan dan akan ditampilkan lima pementasan setiap harinya, dari 20 Pementasan ini akan dinilai dan dipilih 9 kategori terbaik yaitu : 
-  Sutradara Terbaik                  -  Aktor Terbaik                   -  Aktris Terbaik
-  Tata Musik Terbaik                -  Tata Set Terbaik              -  Tata Cahaya Terbaik
-  Make up & Kostum Terbaik    -  Penulis Naskah Terbaik    -  Grup Terbaik


4. Karnaval Budaya
Karnaval Budaya adalah pawai keliling kampus ITS yang diikuti oleh peserta dan panitia dengan memakai pakaian adat dari daerah asalnya masing-masing.karnaval ini juga akan disertai iring-iringan dari komunitas sepeda ontel,komunitas delman.


5. Welcome Party dan Pembukaan
Festamasio VI Surabaya akan dibuka secara resmi oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan akan dihadiri oleh seluruh peserta Festamasio VI, teaterawan, budayawan, seniman, pejabat terkait, para donatur, sponsor, pengamat, wartawan dan undangan


6. Technical Meeting
TM (Technical Meeting) merupakan pembahasan segala teknis pelaksanaan Festamasio VI Surabaya dan ketentuan serangkaian agenda dengan segala prosedural yang telah dibuat panitia kepada peserta. Dalam TM akan dibahas mengenai :
     a. Mendiskusikan dan share dari segala bentuk teknis kegiatan Festamasio  VI
     b. Memberikan perangkat-perangkat peserta (buku petunjuk,co-card) selama 
          mengikuti kegiatan
     c. Pengundian nomor urut pertunjukkan peserta
     d. Pembahasan mengenai teknis panggung (setting dan pembongkaran sett serta  
         pendurasian)


7. Workshop Teater
Workshop teater akan diselenggarakan berupa sharing proses, yaitu sharing perihal metode pendekatan latihan yang digunakan oleh masing-masing sutradara dalam pembuatan karyanya dan ada juga worshop mengenai keaktoran, make up dan kostum,serta Gestur Kontemporer


8. Bakti Sosial
Bakti sosial dilakukan oleh peserta beserta panitia dengan mendatangi tempat yang telah ditentukan. Dalam kegiatan ini akan diisi belajar bareng dengan anak anak serta mengenalkan mereka dengan kesenian.


9. Rembug Festamasio
Rembug ini merupakan diskusi terbuka antar anggota grup teater kampus se-Indonesia perihal Festamasio VI Surabaya dan rekomendasi-rekomendasi untuk Festamasio selanjutnya.


10. Cangkruk On The Road
Cangkruk on the road merupakan acara silaturahmi budaya dengan mengunjungi seniman daerah Surabaya. Dalam kegiatan ini akan dikenalkan tentang kesenian asli Surabaya dan diskusi mengenai kesenian tersebut.


11. Mlaku-Mlaku
Mlaku- mlaku merupakan kegiatan jalan-jalan didaerah Surabaya dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah serta icon Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Surabaya dan tempat-tempat bersejarah yang ada.


12. Malam Anugrah 
Malam anugerah adalah acara penutup pada Festamasio VI Surabaya. Pada malam ini akan dibacakan pengumuman nominasi-nominasi hasil dari pementasan.


13. Pasar Seni 
Pasar Seni merupakan sebuah kegiatan yang difungsikan sebagai tempat berjualan makanan tradisional dan pernak pernik khas Surabaya dan Jawa Timur. Disini para pengunjung akan merasakan suasana yang kental dengan unsur budaya Surabaya dan Jawa Timur.


Jangan dilewatkan ya, serangkaian acara asik dan mendidik yang telah kami rencanakan untuk kawan-kawan semua dan untuk kemajuan teater kampus se-Indonesia.  J
Ayo rek! podo teko nang Suroboyo!



Contact person:
Dita 'ceking' :  085643552655
Rijal 'jenglot' :  08132305080;  085730083214

0 komentar:

Posting Komentar